Skip to main content

Alay vs Bopung .. waw (*new)

Awkey, selamat datang kembali di miss.idiot's blog.


Udah lama yah gue gak nulis. kangen juga .. Pada kangen kan sama gue ? (pasti jawabannya 'enggak!') yaudah, lanjut deh .....

'Alay? Bopung? apaan sih tu?, ada yang tau gak?'

Yap . Anak muda jaman sekarang sungguh sangatlah kreatif dalam menciptakan sebuah istilah gaul. Yang pasti bukan gue yang menciptakan istilah tersebut, karena gue bukanlah anak gaul. Hoho. Sepertinya semuanya sudah tau. Terlihat dari tampang saya yang lugu ini. (Hak Cuih Pret!)

Jadi, Kemaren gue iseng2 buka bulletin board di friendster, ternyata rame banget ya coy(maaf, saya terkena Budi Anduk Syndrome. haha) ada yg cuma nulis 'onlen onlen, komen dong', 'i love u so much', 'brengsek! bajingan', etc, entah itu di tujukan untuk siapa. Tapi mata gue hanya tertuju pada satu bullbo(bulletin board) entah itu buatan siapa, yang pasti isinya lumayan menarik buat di analisis. Yap. Karena gue belum pernah denger kata2 atau istilah tersebut sebelumnya. Maklum, gue bukan anak gaul. Sering sih denger, tapi ya tetep, gue gak tau artinya. hoho.

Isi bullbonya kayak gini .

*bulletin board
Subject:
ciri2 lagi

Message:
-kalo di view, ngucapin"just view?" (sejak kapan pihak fs bikin larangan view doang?)
-majang2 cowo atau cewe yg keren2 di FF, pdhl gg kenal
Subject:
kesimpulan :

Message:
daripada asal tuduh orang lain alay, mending ngaca ama itu ciri2, instropeksi diri lebih baik lah
lagian, banyak yang pada ngomong alay juga cuma ikutan temen2 doang kan, gag ngerti asal usul maknanya dan cari gampang dg nyamain alay ama bopung
ngaku lah
Subject:
reaksi:

Message:
mereka(alay) yang merasa punya ciri itu bakal mencak2, karena mnurut alay, persepsi mereka paling bener, dan mereka paling ngerti gaul


Setelah gue tunggu postingan bullbo terbaru tentang ALAY selama beberapa hari, akhirnya banyak juga yang ngepost ttg 'ALAY', Semakin semangat gue buat tau Apakah ALAY tersebut ..

*bulletin board
Subject:
post ciri alay lagi ! (makin banyak orang gg pernah baca, tapi cuma ikut2an ngatain alay)
Message:
nyeh, banyak bgt yg ikut2 ngatain alay cuma ikuta
n temen aje
. selalu ngerasa paling tau tentang musik.
. tongkrongannya di pinggir pinggir jalan (yang cewek godain cowok,yang cowok godain cewe yang lagi lewat)
. suka malak
. kalo di mall selalu bawa handset buat dengerin lagu
lewat handphone(suka pamer ga jelas & sok asik gitu deh).
. sok EMO tapi ditanya sejarahnya emo ga tau.

. sok pengen ‘gaul’ mau ngikutin tren yang sekarang tapi terlalu LEBAY
. dimana mana SELALU ada acara yg namanya ‘putu putu narziz’ (entah itu di sekolah,WC,mobil,kamar,stasiun ,angkot,dll).
. fotonya ga nahan smua! (dengan gaya di imut imutin,dideketin lampu biar ‘terang bgt’,foto deket bgt dari wajah *biar jeleknya ga keliatan*,foto d
ari atas *biar kelihatan keren kali ya*,dll..pokoknya yang bisa bikin ENEG semua orang)
. buat cewek tiap hari kerjaannya ngomongin ttg cowooooooooo mulu! (cth: eh tau ga si A tadi gini loh sama gue hahaha lucu bgt ya? *ga lucu!)
(yah pokoknya sok pamer gitu deh*berasa cantik)
. buat cowok..tiap hari kerjaannya cari musuh(ribut) mulu sama temen temen cowoknya yg lain *biar dianggep keren gituw*
. di friendster.. bagi yang cewek di ff nya majang cowok cowok ganteng semua *meski ga kenal,biar dianggep cantik & gaull* kalo yg cowok ya majang ffnya cewek semua*walau ga kenal* biar dikata cowok ganteng !
. T U L I S A N
- iya : ia,ea

- kamu: kamuh,kammo,kamoh,kamuwh,kamyu,qamu,etc
- aku : akyu,aq,akko,akkoh,aquwh,etc
- maaf: mu’uph,muphs,maav,etc

- sorry: cowyie,cory,etc
- add : ett,etths,aad,edd,etc
- for : vo,fur(zz),pols,etc
- lagi : agi,agy
- makan: mums,mu’umhs,etc
- lucu : ludchu,lutchuw,uchul,luthu,etc
- siapa: cppa,cp,ciuppu,siappva,etc

- apa : uppu,apva,aps,etc
&&& masih bnyak lagi!
. suka ngirim bulbo ga jelas di fs : "akko onlenndh dcnniih” ato “ayokk perang cummendh cmma saiia” etc (paling parah lagi kalo ngirim bulbo deng
an judul “BAJINGAN” tapi isinya kosong!) ih kampret bner deh tu orang orang alay.
. menganggap dirinya eksis di friendster (kalo comments banyak itu berarti anak gaul jadi lomba banyak-banyakan comment) *please deh ga bgt! emang kenapa coba kalo commentnya banyak?dapet rekor muri ya? ga penting bgt deh..
. kalo ada org yg cuman view profil kita , kita bilang gini : “hey cuman view nih?” ato “heey jgn cuman view doang,add dong! *pengecualia
n x) (kalo emang segitu pentingnya orang nge-ADD buat kita..kenapa kita ga nge-ADD dia waktu kita mau ngasih testi?)-__-
. friendster dipenuhi glitter-glitter norak yang pastinya bisa ngerusak retina mata zz
. nama friendster mengagung -agungkan diri sendiri,seperti : pRinceSs cuTez,sHa luccU,tIkka cAntieqq,etc. (pede bgt sih?)

. kata /singkatan selalu diakhiri huruf z/s (cth : nama adalah talitra,dbuat jadi : talz. nama adalah niken,dibuat jadi qens..dsb!)
. foto di friendster bisa nyampe beratus lebih padahal cuman foto DIRINYA SENDIRI
. diam diam mengidolakan : kangen band,st12,radja,ato bahkan GARNET BAND
. suka menghina orang lain yang ga sama kaya dia.
. tulisan/ketikan , gEdE kEciL gEdE kEciL !!

Subject:
yang tingkat parah :
Message:
. barang abal yang dipamerin ketemen terus dia ngaku beli di singapore. amrik . dan sbgainya. "eh liat nih gue beli gelang dijerman gituloh asli kalo ga salah sih dirupiahin 500 ribu ya." padahal dia beli di itc aja!! yang 10 ribu 5 hahaha.

. tulisan gede-kecil. "aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!" atau dengan angggka "K4Ng3nZ dWEcChh" NNNNNZZZZZ
. minta di add di shotout, "j9n lupa ett ghw"

. gaya dengan bibir monyong, telunjuk nempel bibir, gaya tangan dengan oke dipinggir kepala dan foto dari atas
.nge post bulbo cuma buat kasih tau dia lagi online & minta comment


Yap. Begitulah isi dan penjabaran tentang 'ALAY' menurut salah satu Friend gue di Friendster.
Buat yang baca, please, jangan marah sama gue, marahnya sama yang nulis di bulbo fs gue ajja. awkey .. (pisss akh!!)
et, tenyata ada satu orang lagi yang post ttg ALAY

*bulletin board

subject : jangan biarkan ALAY pada pindah ke fesbuk!
message :
busyeeeeeeeeeeeeeeengggggggggggggggg dah ,udah cukup para alayers merusak friendster secara perlahan ..jangan ampe pindah ke fesbuk ,lo pada cuma ngotor2in doang jadinyaaaaa.lgian di fesbuk th ada kuis tentang alayy .ntar kalo ngeliat lo malah kesinggung lg .hahahahaaaaaaaahhhaaaaaaaaa.
f*ck.


Sebegitu hinakah ALAYERS bagi mereka yang merasa gaul? Apakah mereka merasa ALAYERS itu pengganggu? Tunggu jawabannya setelah pesan2 berikut ini......hha
..........
Ternyata makin kesini, gue malah makin bingung.. Apa gue akhiri saja ya? (ribuan penonoton teriak 'jangan! jangan!)
Awkey, gue lanjutkan kembali.
Udahlah, hidup masing2 ajja ye? BAgi mereka yang merasa ALAYERS, gak apa2, hidup lo , lo yang ngatur kok. bukan orang laen. So, LANJUTKAN ALAY MU.. GAK ADA LO GAK RAME !! haha...

Buat yang ANTI ALAY, LANJUTKAN JUGA HIDUP KALIAN.. GAK ADA LO GAK RAME JUGA!! (hadooh . gak kreatif banget ya gue)
Ehm, gue bukan ALAYERS ! gue juga bukan ANTI ALAY!! Sumpah!! Tapi kalo semua bilang kalo gue ALAY, ampuuunn !! jangan masukin gue ke penjara.. :D

Tapi buat semua orang yang mau bilang gue ALAY, BOPUNG, terserah!!! Gue ya gue . gue ya bukan ya lo . nah lho . bingung kan? Be your self ajja sih ..
Gak semua orang2 yang ngatain lo ALAYERS tu gak ALAY ..
POST ttg ALAY, to be continued ... hhe ..
......

BOPUNG .. satu lagi istilah yang asing banget buat gue.
BOPUNG singkatan dari BOcah kamPUNG. Entahlah siapa yang buat. Tapi yang pasti anak2 gaul yang bikin.Buydoweii, pas lagi iseng buka fs temen gue, ternyata ada GROUP FS 'ANTI-BOPUNG' ..


foto di atas merupakan primary GROUP ANTI-BOPUNG ..
Arti foto tersebut 'I Hate BOPUNG'
Terdiri dari kumpulan ANTI2 BOPUNG se-INDONESIA .. (mungkin) hho ..



Dan menurut salah satu temen gue di Friendster, BOPUNG itu...

bopung yg bener2 dari ndeso, yg (maaf) economicless, hidupnya masih ala desa, sifat2nya juga, ada juga bopung yg nangkring2 di kota dan ganggu

awkey, gue mengerti ... thanx D**** .. :)


Tapi buat gue, bertemen sama siapa aja. yang penting asik, n gak ngerugiin kita.
Waahh . Dunia udah mau kiamat ! Nah lo ? apa hubungannya ... ??hha ...

ALAY sama LEBAY sama gak sih ...?
kata temen gue,
semua orang ALAY itu lebay, tapi gak semua LEBAY itu ALAY..

Eniweyyy .. karena gue masih penasasaran sama tu istilah ALAY, gue gugel aja, n dapet artikelnya ttg ALAY .. kalo pengen liat detailnya di . disini .

1. alay / alay - alay
masteng ( mas” tengik )
Contoh dalam kalimat :
gila tu band . isinya alay alay smuaa !

2. alay / alay - alay
singkatan dari anak layangan. Kalau kamu liat dipinggir jalan ada orang berkulit hitam matahari , berambut agak kemerah-merahan , dan mengenakan baju agak sok gaul tapi murahan,mungkin dia alay…
Contoh dalam kalimat :
eh,katanya sman 8 anaknya alay-alay ya?!

3. alay / alay - alay
anak-anak murahan yang suka menjelek-jelekan sekolah org lain, atau ngajak tawuran.klo lo liat juga ktawan..
Contoh dalam kalimat :
A: “katanya itha alay gituh..”

4. alay / alay - alay
Aduh Letoy - agak maksa ya?
Contoh dalam kalimat :
Alay nih say malem ini

5. alay / alay - alay
cewek-cewek yang gayanya murahan, kayak pine gitu deh (dandanan, cara pakaian)
Contoh dalam kalimat :
“Alay-alay bgt sih tu cewek”
“Itu cewek gayanya selera bule bgt sih”“Yaelah, alay…”

6. alay / alay - alay
tingkatan paling rendah dari strata remaja!!! lebih norak dari anak kampung. Biasanya keliatan di sma-sma jelek n rendahan + di stm-stm gituu…
Contoh dalam kalimat :
yang ngerasa alay-alay ngakuuuuuu!!!!!

7. alay / alay - alay
biasanya anak-anak SMA kampungan tukang tawuran yang suka manggil temen satu gerombolannya “lay!!! sini lay!!!” (tentunya dengan suara yg agak dicempreng2in) bisa dikategorikan sebagai ALAY
Contoh dalam kalimat :
“lay… bokin” lu mana lay..?!” — yg gaya ngomongnya begini bisa disebut ALAY—

8. alay / alay - alay
orang yang dari lahir udah ditakdirkan menjadi orang yang kampungan, norak, dan bikin eneg..
Contoh dalam kalimat :
anak-anak sekolah itu alay-alay banged yh..

9. alay / alay - alay
Anak Kampungan Yang Pake Jeans Ketat ama sepatu Converse
Contoh dalam kalimat :
Woi, si Rey tuh alay banget yah? liat aja bajunya
..........
waaaahh ..ternyata ALAY itu artinya banyak ya..??
kalo ALAY menurut 9 kategori di atas sih, ogah bgt gue temenan sama ALAY ...
wahwahwah ...

Sumpah , gue kok jadi malah pusing gini ... !!O Em Jiiii ..Yasudahlah .. gue akhiri saja. Dari pada tar gue pingsan. haha ..
C U ..

Oia, buat orang2 yang gak tau ALAY itu apa, jangan langsung ngejudge orang2 seenak jidat lo. And jangan langsung nentuin arti ALAY itu sendiri .
Segitu ajja yang gue dapet tentang apa itu ALAY dan ciri2nya. heho. (penting gak sih...?)
jika ada kesalahan dalam penyampaian dari apa yang saya tulis, saya mengucapkan beribu2 maaf kepada para reader, karena sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. (dorce bgt ya..? heho)
sekian dari saya,
wabillahi taufik wal hidayah,
wassalamu'alaikum wr. wb ...


(*post bulletin board diatas telah mendapatkan izin dari penulis asli bulletin board yg ada di fs saya. Bila ada yang ingin protes, hubungi saya di 72777777 . hha)

sekian . terima kasih .

**ralat, foto yg di jadiin icon "anti-bopung" itu ternyata bukan owner aslinya, tapi yg di jadiin icon-nya. DAN ternyata yg di jadiin icon nya itu temen gue pas SMP, jahat bgt sih yg jadi ownernya. maaf sebesar2nya buat semuanya ... :DD

Comments

Anonymous said…
ya.ya..
ternyata lw rajin juga y..pen tau aja rahasia alay..=p

mnurut gw juga gitu..
tau gak yg paling malez klo ngliat alay tuw dimana??

di MALL!!

najis bed dah gw..
biasa..dandanan sok2 gaul getho..(bahasa gaul)..
brisik!! ktawa2 gajebo..(kya baru ptma x k`mall..)
pake headset kmn2..
trus mlahan ada yang di loudspeaker hape/mp4`nya..

gw waktu ntu ktemu tuh ma sgrombolan alay di lift..tamini square..entah dari alam mana mreka brasal..
uda gitu,,tau gak mreka kmn??
k`lantai paling atas..!!
tau sndiri klo di mall tuw biasanya parkiran paling atas tuw mobil smw..(ck..ck..ck..)
gw emang kbetulan lagi bwa mobil paz ksitu..ma temen gw b`3..
ga tau apa mreka bwa mobil (truk) jg pa ngga..cz mgkin ada 10 orang lbih..
(bayangin aja..mobil apa yang muat sgitu banyak orang slain mobil bak terbuka??)
hhahahg..
malez bgt gw ikutin..
tau dah mreka kmn..jadi perhatian bgt gw ngikutin mreka..

jjur aja ya..
banyak temen2 gw di kampus yg alay gitu..
maka`nya w rada malez b`temen ma mreka..sok2an..

sudah ckup..
gw netral aja dee..gw emang ga suka alay..tapi gw juga bukan anti alay..
soalnya qt hidup bermasyarakat..
berbagai "kultur" budaya harus qt hormatin..tul ga??

oia..
jgn lupa kunjungin blog gw juga iia..
isi buku tamu lah minimal..hhehe..
gps13.blogspot.com..

see ya!!
Sonia Anggi Y said…
yow .
teng atas kunjungannya anggara .
haha .
guw iseng aja post ttg 'ALAY' .
semoga bermanfaat .
(kagak bgd)
haha .
dek siti said…
haii~ halo bro ! gile , keren bgt postingan lo ! salut gw ! itung2 nambah referensi gw ttg "APA ITU ALAY" . lets see , gw di sekola dikatain alay , pdhal , stlah gw liat ciri2 dr ALAYERS , gw ga trmasuk k dlm smua itu !! malah yg ngatain gw itu sndiri yg bs digolongin k dlm ktegori : ALAYERS ato BOPUNG .

salam kenal ! =D
Benakribo said…
ciee alay .. merasa nih ya .. hehehe ..

duh masi jaman fs ? facebook lah! hauehauea
Sonia Anggi Y said…
@bena : jiaah . fs udah gak jaman . kan udah pindah k facebook .
guw cma iseng2 ajja buka2 bulletin .eh tw nya nemu post-an ttg alay .
yaudah, guw tnyakan lah kpada si yg nulis tu bulletin .
heh ! enak ajja lo . guw bkan alay . huueee .. xp

@Fata : salam kenal juga .. :)
Jessica Nivia said…
bagi gue ya, alay itu rusuh, pengganggu, tukang cari masalah dan suka mempromosikan diri secara berlebeehh alias berlebihan.
Ambil aja contohnya, tanpa disadari alay bukan merebak di Fs fesbuk, tapi blog juga.
Nih misal : (yg jelas dg tulisan gede kecil dan bahasa sok imut, tapi ini gue singkat)
FS : "Hey kok view aja?"
"Hey kasi aku komen ya"
"komenin primary dund"
"aku online nih"
"aku off nih"
FB : "kirim wall ke aku ya"
dan smuaaa org di ett sama dia.
yang penting

BLOG (SARANA MANUSIA NORMAL, JADI IKUT KENA ALAY) :
" heeey blogwalking = kecepatan blogwalking 20 blog per 30 menit ato lebih"
" heeey tukeran link ya / exchang link/ link balik ya." padahal kita belom sempet kenalan, cuma barubales blogwalkingnya dia, tiba tiba langsung minta link balik, keliatan banget ni org numpang eksis doang.
" eh link mu udh ku pasang jgn lupa link balik ya." ini tai abis blom smpet ngomong apa apa langsung pasang link dan minta link balik ckckck.

yah gitu dehhaha, kalo ada salah satu ciri dr lo gw minta maap, hehe. jangan sampe alay tereak alay. salam knal ya anggy :)
Sonia Anggi Y said…
Yoai, salam kenal Chikong ..
thx bgt atas tambahannya ttg ciri2 alay ya .. :)

seperti apa yg udah guw post, yg menilai diri guw alay, bukanlah guw sendiri. Tetapi menurut org lain yg berpendapat sperti itu.

dan menurut salah satu temen gue, kita itu emang gak bisa lepas dari salah satu ciri2 alay tsb, dikit2 ya pasti ada lah .. begitu katanya..
ya mngkn lo lo (yg ngerasa dirinya gak alay) pernah ngelakuin itu tanpa lo sadarin . so, sblm ngomong apa aja , instropeksi ajja dlu .

yaaa sorry bwd semuanya kalo ada yg gak berkenan dengan tulisan guw ini . guw juga belum terlalu tau ttg apa itu alay.

maaf kalo ada salah2 yoi .. :)
Shintung said…
akhir-akhir ini gw juga lagi nyari tau tentang alay. ehehehe.

jijik banget sih gw. di skul gw buanyak bgt tuh alay.

eh. si chikong kan pernah ngasih tips menghadapi alay. wahahahhaha.

salam kenal. gak. gw gak minta link xchange. ahahahha.
Sonia Anggi Y said…
cara menghadapi alay ?
waw . thx tas infonya .
nnti guw cri d blog nya chikong .
sblmnya , slm knal shintung . :)
Indra Mahardika said…
Salam kenal ya mbak ! NAmaku Indra.
Sonia Anggi Y said…
iya . slm knal jg indra . :)
Anonymous said…
masih jaman apa ngurusin alay?
yg penting skrg mah lo na gag jadi alay....
biarkan alay2ers itu hidup.
kan mereka juga yg bikin hidup ini jadi berwarna (bkn ngebela lhoo)
hehehehe.....
Sonia Anggi Y said…
waw . ada sugeng ..
hha . siapa juga yg ngurusin .
guw cuma sekedar pengen tau aja geng .
jiiiaahh . (apa lo yg ngerasa alay?)
hha .
piss akh .
Anonymous said…
Hai, kebetulan gw lagi browsing terus nemu blog ini hehehe... soal manggil orang dengan "lay!" harus diteliti dulu sih, siapa tahu itu orang sumatera, karena setahu gw bahasa batak itu (yang jadi populer di sumatera) ada kata 'lay', kira-kira artinya bung atau mas lah kalo buat orang Jawa...

Mau nengok blog saya balik juga gpp kok, salam kenal ya~^o^
Sonia Anggi Y said…
maaf sblmnya . saya kurang tahu ttg hal itu . hheu .
yang saya tahu , alay itu brbeda dgn 'lay' .

oia , salam knal jg shinlee . :)
Sonia Anggi Y said…
sekali lagi , saya minta maaf jika ada yg tdak berkenan dgn tulisan saya yg amat sangat buruk ini . hheu .
Anonymous said…
9w k4n 949 bL9 kL0 L0 aLaY kN?
h4h4h4....

tuhh...makan tuhh alay....

alay = virus atau tren sihh?
Sonia Anggi Y said…
virus . hahah .
kayak lo gtu deh . xp

just kiddin' geng .
gmna blog lo ?
knpa gak bkin web ajja ?

Popular posts from this blog

Ada apa dengan penulis blog ini ???

Siapa sih Anggy itu ??? jawabannya adalah : "GUE" . ya masa elo ? ahahaha . Nama sebenarnya Si Anggy itu adalah " SONIA ANGGY YANIAR ", seringnya di panggil *Anggy *Aghie *Gigi *Si Jangkung Lahir pada tanggal 10 Oktober 1991 , di tanah air tercinta. Ciri-ciri gadis itu sebagai berikut : *Punya tahi lalat di jidat sebelah kanan ( untung kanan, coba tengah2, jadi "nehi2 aca2", ahaha) *Berpengawakan kurus tinggi kira2 168 cm dan beratnya 46 kg (waw . ) *Berkulit sawo busuk, maksudnya sawo matang. (gak item2 banget lah) *Suka warna merah *Jarang makan (kagak punya duit) *Tinggal di daerah terpelosok yang amat sangat jauhhh disana . (dapetin sinyal internetan aja macet2), BSD, (Bekasi Sonoan Dikit) ahahaha .. *kemana2 ngemut lolipop . (kalo ketemu gue wajib ngasih gue minimal 2 lolipop) :D *Nama bokap gue Yayan Suryana,S.IP *Nyokap Yuyun Yohana (namanya samaan .) *Punya ade rese2 yang namanya "Shakty" dan "Icha" *Punya kaka yang amat sangat

Aku, Dia, Cinta, dan Diam

Jadi begini rasanya mencintai diam-diam. Melihatnya dari kejauhan saja, senangnya luar biasa bukan main. Ya, aku mengaguminya bahkan sekaligus mencintainya sudah hampir 6 tahun, secara diam-dialm. Seharusnya cintaku bunyi, tak cuma diam. Sebab kami saling mengenal satu sama lain, dan bahkan sering membuat konversasi yang menyenangkan, walau hanya sekadar melalui messenger. Yudha Andhika, ialah nama lengkapnya. Dia adik kelasku ketika SMA lalu. Kami cukup dekat, sebab dia berpacaran dengan sahabatku. Saat itu, aku tak jatuh cinta, cuma sekadar kagum akan kepandaiannya. Entah, buatku, lelaki yang pandai selalu mempunyai kharisma tersendiri, terlebih dia mampu bergaul dengan banyak orang. Kabar putusnya hubungan Yudha dengan Leona -sahabatku- tak memberi kebahagian tersendiri bagiku, sebab aku tak mungkin bisa membuatnya menoleh dan meminta hatinya. Cukup mencintainya saja, bukan untuk memiliki hatinya, ujar benakku. Waktu berjalan. Siapa bilang waktu tak mempunyai kaki? Fils